Alat Output Komputer

 Alat Output Komputer


    Perangkat output adalah komponen atau bagian dari komputer yang punya tugas utama untuk menampilkan hasil pemrosesan komputasi ke pengguna. Perangkat output bakal mengambil perintah, instruksi, atau data yang telah diproses dalam bahasa biner. Kemudian, perangkat output akan mengubah perintah, instruksi, atau data itu menjadi bentuk atau tindakan yang dapat dimengerti oleh pengguna. Hasil pemrosesan yang keluar dari perangkat output itu merupakan langkah terakhir dalam sistem kerja komputer.

Contoh perangkat output visual dan fungsinya 

Monitor = Fungsi perangkat output ini adalah untuk menghasilkan atau menampilkan gambar dari komputer. Semua tampilan dari hasil berjalanannya pemrosesan komputer bakal ditayangkan pada monitor.

 Proyektor = Fungsi perangkat output ini sama seperti monitor, yaitu menampilkan konten yang termuat di komputer. Akan tetapi, lewat proyeksi cahaya dan lensa, proyektor dapat menampilkan konten komputer ke bidang yang lebih besar seperti layar besar atau dinding. 2. Contoh perangkat output cetak dan fungsinya

Printer = Printer berfungsi untuk mencetak secara fisik data atau dokumen digital yang terdapat di komputer. Dengan perangkat ini, pengguna dapat mencetak surat, artikel, laporan, dan dokumen lainnya yang diolah di komputer.

 Plotter = Plotter juga punya fungsi yang sama seperti printer, yaitu untuk mencetak data digital yang diolah di komputer. Akan tetapi, plotter memiliki spesialisasi untuk mencetak data grafis atau gambar ke bidang yang besar seperti banner. 

Contoh perangkat output suara dan fungsinya

Speaker = Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara atau audio. Speaker biasanya digunakan untuk mendengarkan musik atau memutar audio lainnya. Speaker juga dipakai untuk mendengar suara lawan bicara ketika berkomunikasi di komputer. 

Earphone = Earphone punya fungsi yang sama dengan speaker, yaitu menghasilkan suara atau audio. Akan tetapi, audio yang dikeluarkan earphone hanya bisa didengar secara personal untuk satu orang.




Pada gambar di atas merupakan contoh alat output pada komputer, alat ini memiliki fungsinya masing-masing dan sangat perting untuk kebutuhan pekerjaan.


Channel YT

Komentar